Pages

Kamis, 27 Oktober 2016

Good Morning, Naya speaking, how may I assist you?



Your behavior throughout the call will be seen as the attitude of the company.
~Slideshare

Hello… aku balik lagi nih untuk sharing Bahasa Inggris. Tapi aku mau cerita dulu dikit boleh yah. Dikiiit ajah.

Jadi gini, tulisan-tulisan di blog yang ada di archieve “sharing bahasa Inggris” ini rencananya mau aku bikin buku nanti. Buku apa? Surprise doooong. Hihihi. Yang jelas buku yang akan bantu untuk upgrade English kamu.

Kenapa nantinya disini akan banyak sharing Inggris untuk staf resepsionis di hotel? Karena aku punya pengalaman disana. Jadi aku itu semacam praktisi. Sharing sesuatu yang aku praktekkan. Mungkin karena background aku yang lulusan Bahasa Inggris, saat menghadapi tamu asing aku jadi sedikit santai. Walaupun tetep dagdigdug gimana kalau aku enggak ngerti mereka ngomong apa or sebaliknya.

Nah kalau yang pure lulusan perhotelan, pasti pengen bahasa Inggrisnya lebih cas cis cus saat handling foreign guest. So, here I am. Kita belajar sama-sama. Bukan berarti bahasa Inggris aku udah jago banget. Enggak sama sekali. Aku pun masih senang belajar untuk terus upgrade conversation skill aku. Grammar? Masih baca-baca buku juga terus sampai sekarang biar enggak lupa.

Dan tahun ini aku ikutan lagi kursus bahasa Inggris di TBI selama 5 bulan plus training untuk guru bahasa Inggris yang namanya GITE (General Introduction Teaching English) yang InsyaAllah akan aku sharing juga nanti di blog seperti apa keseruannya.

Belajar bahasa itu sebenarnya berbicara tentang proses yang harus selalu di upgrade. Karena kalau enggak dipakai apalagi enggak belajar terus, udah deh. Babay. Sayang banget kan. Jadi kamu-kamuu harus semangat yaaaa.

Okey sekarang sharing kali ini tentang kring kring alias penggunaan telepon. Ready? Yuuuuu…

pic taken by me waktu nginep di Sun Inn Pangandaran

Spelling system

Spelling atau ejaan itu hal yang penting untuk kamu pahamin dan pelajarin. Kenapa? Karena tamu dapat berasal dari belahan dunia manapun dan tentu nama mereka akan asing terdengar. Bahkan terkadang ada yang super susah melafalkannya. Karena itulah, spelling system bisa membantu. Bisa aja sih kamu minta passport dia dan ya udah beres. Tapi kalau percakapan lewat telepon tentu  ini penting! Mari yuk kita intip speeling system standard internasional.

American System
A for Alpha
N for November
B      Bravo
O       Oscar
C      Charlie
P        Papa
D      Delta
Q      Quebec (dibaca: kyubek
E      Echo (dibaca: eho)
R       Romeo
F      Foxtrot
S       Sierra
G      Golf
T       Tango
H      Hotel
U       Uniform
I       India
V       Victor
J      Juliette
W      Whisky
K      Kilo
X       X-ray
L      Lima
Y       Yankee
M     Mama/ Mike
Z       Zulu




Boleh gak sih ngarang asal? Misalnya a for apple atau b for baby. Hihihi. Boleh-boleh saja kok, tapi kalau kamu pakai spelling system untuk mengeja, itu terdengar lebih profesional. Uh yeayy J

Using the telephone

Penggunaan telepon termasuk salah satu main job seorang resepsionis. Ada yang namanya internal call, yaitu telepon antar departemen atau dari tamu yang sedang menginap dan eksternal call, yaitu telepon dari luar baik untuk staff maupun untuk tamu.

Pengalaman saya dulu, kalau telepon external call untuk level supervisor ke atas, kita wajib menanyakan dari mana dan enggak boleh main langsung sambungin aja. Kita harus memastikan bahwa yang dicari mau menerima telepon. Bisa saja kan mereka sedang sibuk dan lagi enggak bisa diganggu.

Frase-Frase penting saat menerima telepon

Saat tamu meminta roomboy;
Of course sir, could I have your room number?
A bell man will be there within 5 minutes sir.

Saat tamu komplain masalah teknis;
That’s not good; I’ll send someone up right away.
Could I have your room number please?
Someone will be there in a few minutes sir.

Saat ada external call untuk staff lain;
I’ll put you through.
May I ask who’s calling?
Could I have your name?
He is not in at the moment. Can I take a message?
Could I have your number please?
I'll give him the message.

Nihhh… bikin memo ini yah. Jadi, kalau ada yang titip pesan kamu enggak lupa untuk nanya hal-hal penting yang nanti akan kamu sampaikan.



Message Memo
Date: _______ Time: ______
To: ________________________
From: ________________________
Message: ________________________
________________________
Caller’s phone number: ________________________















Gimanaaaa? Gampang kaaaan… jadi lebih pede deh kalau telepon bunyi dan yang di ujung sana bule. Hihihi.

Sekian sharing kali ini, kita ketemu lagi di topik lain yang pastinya lebih seru. C yaaaa.

0 komentar:

Posting Komentar